Nikah di waktu muda, kenapa takut??

Nikah di waktu muda, kenapa takut??

Eitss, tunggu dulu. Jangan terpancing judulnya, karna aku mau kasi tau dulu...
OK, temen2 boleh kalo mau nikah di usia muda, asal udah mempersiapkan lima perkara yang menjadi modal awal untuk menikah.



Kelima item tersebut adalah :
1. Persiapan Ruhiyah (Spiritual)
Kesiapan kita untuk mengubah sistem mental menjadi lebih bertanggung jawab, sedia berbagi, dibuang tuh egonya, dan senantiasa berlapang dada.
Ada penekan juga untuk siap menggunakan dua hal hidup yang nyata, yakni sabar dan syukur.
2. Persiapan Ilmiah-Fikriah (Ilmu Intelektual)
Bersiaplah membingkai rumah tangga dengan modal pengetahuan, ilmu , dan pemahaman.
3. Persiapan Jasadiah (Fisik)
Hmm...kurang ahsan nih kalo aku mo jelasin disini. Intinya aja deh, persiapkan semua baik2, pokoknya halaalan thayyiban-lah (kita kan bukan anak SD lagi *cobalah untuk mencerna kalimatku itu*)
4. Persiapan Maaliah (Materi)
Nahhhh... ini nihh yang paling ku suka.
Untuk jalur ini, persiapan utamanya adalah penghasilan, bukan pekerjaan. OK (karena intinya dari bekerja kan penghasilan)
Kalo kamu telah bekerja, tetapi merasa belum cukup materi, belum cukup ilmu, dan minim persiapan tentangnya, bisa aku pastiin bahwa kamu itu emang nekat.
5. Persiapan Ijtimaa'iyyah (Sosial)
Nihh penting banget, disini artinya siap untuk terjun ke masyarakat. Memahami bagaimana bertetangga, bersosialisasi,dan mengambil peran di tengah lingkungan masyarakat.

Yuukk aku ajakin jenguk parameter yang tersembunyi di balik hadits Rasulullah saw, yang diriwayatkan oleh Syaikhaini; Bukhari dan Muslim.
"Wahai sekalian pemuda, barang siapa di antara kalian telah mampu (ba'ah), maka hendaklah ia menikah, karena pernikahan lebih dapat menundukkanpandangan dan menjaga kehormatan farji. Dan barang siapa belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa. Sungguh puasa itu benteng baginya.
(HR Bukhari dan Muslim)

Nah, semua itu artinya 'harus/kudu/mesti' ada persiapan dan parameter yang jelas, agar ia sama-sama indah.
Jadi jangan takut untuk nikah muda ya kalo temen2 emang udah mempersiapkan lima item itu. Hmm.. kalo bisa sih temen2 jangan sampai nikah cuma dengan modal bismillah & cinta. (kalo ga ya mamam aja lho!!! *kata versi sahabatku*)

Sekarang gimana? Masih takutkah atau malah udah beranikah untuk nikah muda??

0 komentar:

Posting Komentar